Emosi pada setiap warna

Warna memang memiliki daya pikat tersendiri, memiliki mood yang berbeda beda antara satu warna dan warna yang lainnya. Kita mungkin sering bertanya mengapa sebuah perusahaan menggunakan logo dengan warna tertentu seperti orange, atau biru? Hal ini disebut dengan istilah berbeda namun memiliki makna yang sama yakni psikologi warna/the psicology of color, emosi pada warna/color emotion.  Hal ini bisa kita manfaatkan untuk fotografi dimana warna akan membantu kita menyampaikan sesuatu dengan tujuan tertentu. Berikut penjelasan tentang emosi pada setiap warna:

Orange merupakan warna percaya diri, ceria dan kreatif
Orang pasti akan melihat saat kita mengenakan baju warna orang, selain karena memang merupakan warna terang ternyata orange mamiliki kesan muda, kreatif dan antusias. Beberapa perusahaan yang menggunakannya adalah fanta, nickelodeon, harley davidson, Blogger, firefox dll.


Orange merupakan gabungan antara energi dari warna merah serta keceriaan dari warna kuning. Orange kerap dikaitkan dengan kekuatan emosional dalam menghadapi masa sulit yang dapat membantu kita bangkit dari keterpurukan dan mampu melakukan recovery. Ini merupakan warna optimis dan warna “pasti bisa” untuk mendapatkan jalan/solusi. Orange juga menggambarkan komunikasi sosial dan kreatifitas antara individu dalam suatu kelompok. Warna ini juga membawa nafsu makan, jadi menjadikan orange sebagai aksen dapur merupakan ide cerdas.
Banyak restoran yang menggunakan bentuk pastel dari ungu seperti warna peach dan apricot serta warna yang lebih gelap namun masih memiliki efek meningkatkan nafsu makan. Namun orange merupakan warna buruk bila anda ingin menurunkan berat badan.
Warna merah merupakan energi

Warna merah mampu meningkatkan energy bagi orang yang melihatnya. Merupakan warna powerfull yang hot dan sexy. Merah merupakan warna darah dan juga romantisme, dimana bentuk hati selalu berwarna merah, termasuk juga warna mawar merah klasik. Warna merah banyak digunakan pada industri hiburan, seperti logo nintendo, dengan font biasa namun nampak powerful dengan warna merah. Warna merah juga identik dengan sesuatu yang urgent/penting/segera. Sehingga K mart memanfaatkan warna ini bahwa mereka berharap tokonya segera dikunjungi konsumen karena menjual barang-barang penting. Warna merah juga dapat merangsang nafsu makan sehingga banyak digunakan sebagai aksen di restoran. Jangan menggunakan warna ini terlalu berlebihan karena kita akan cenderung gelisah, takut dan marah bila melihat warna ini dimana-mana.
Dalam budaya ketimuran, dinegara cina warna merah identik dengan keberuntungan, dalam budaya india melambangkan kemurnian dan sering digunakan sebagai gaun pernikahan. Warna merah akan menstimulasi/merangsang nafsu yang lebih seperti nafsu seks, nafsu makan, cinta, kebencian dan dendam. jika kita ingin kehidupan seks lebih bergairah taruhlah warna merah di kamar, namun jangan berlebihan karena akan menghasilkan efek negatif.
Ungu warna mewah
Ungu merupakan warna mewah yang lazim digunakan oleh kerajaan. Kesan agung, mewah dan juga mistis ada sekaligus pada warna ini. Channel syfy menggunakan warna ini sebagai brand dengan font san serif bold. Warna ungu merupakan gabungan antara warna biru yang tenang dan energi dari warna merah. Ungu juga dikaitkan dengan nuansa tidak bahagia/kesedihan dan frustasi. Terlalu banyak warna ungu akan membuat mood kita memburuk.
Ungu kerap dikaitkan dengan modernitas dan masa depan, imajenasi/fantasi dan impian, termasuk juga memiliki sisi spiritualitas. Dari psikologi warna ungu merupakan harmoni dari fikiran dan emosi yang menghasilkan stabilitas mental dan kedamaian sehingga warna ini sangat cocok digunakan untuk meditasi. Warna ini cukup jarang ditemui di alam, sehingga dianggap sebagai warna unik dan penyendiri. Banyak artis maupun seniman yang terinspirasi dari warna ungu akibat kesan unik dan misteri yang dipendamnya.
Biru merupakan warna ketenangan 
Warna biru menggambarkan rasa percaya, tanggung jawab, kejujuran, loyalitas, tenang , pendiam dan tidak suka membuat keributan/ tidak suka menarik perhatian. Warna ini membenci konfrontasi dan suka melakukan sesuatu dengan caranya sendiri. Dalam fashion warna biru digunakan sebagai celana jeans namun untuk buah dan sayuran cukup jarang berwarna biru.
Orang yang menyukai warna biru cenderung mencari kedamaian dan ketenangan diatas segalanya sehingga dia sering melakukan relaksasi mental maupun fisik. Warna biru memiliki manfaat mengurangi stress, menciptakan rasa tenang. Coba bayangkan kita sedang duduk ditepi pantai dengan melihat birunya langit, pasti terasa tenang bukan? Selain makna diatas biru juga berarti warna nostalgia atau warna di masa lalu. Sedangkan hal negatif terkait warna biru adalah sifat kaku, penyendiri,sedih, pasif dan merasa benar sendiri.
Biru merupakan warna percaya diri, berbeda dengan merah yang agresif warna biru enggambarkan ketenangan dan memiliki otoritas. Cukup sedikit makanan yang berwarna biru sehingga kerap dianalogikan sebagai warna yang mampu menurunkan nafsu makan. Memasang warna ini di dapur akan membuat kita lebih sedikit makan dan akan sangat cocok untuk diet.
Warna hijau lambang perkembangan dan harmoni
warna hijau mampu menciptakan keseimbangan antara otak dan hati. Warna hijau juga perlambang pertumbuhan layaknya hijau di musim semi. warna hijau juga merupakan warna alami yang berfungsi menenangkan sehingga sangat baik digunakan pada rumah kita. Warna hijau juga bisa dikaitkan dengan warna sosial dimana sesorang akan suka mengobservasi, menjadi pendengar yang baik dan juga pekerja sosial. penyuka warna hijau cenderung berkontribusi pada lingkungan, menjadi orang tua dan tetangga yang baik.
Hijau merupakan gabungan dari warna kuning yang menggambarkan rasa optimis dan warna biru yang menggambarkan ketenangan sehingga didapatkan keseimbangan antara hati yang tenang dan fikiran yang optimis. Hijau juga perlambang cinta, pada lingkungan, keluarga, teman, hewan peliharaan dan juga rumah tinggal mereka. Warna hijau juga kerap dikaitkan dengan kekayaan dan kemakmuran.
Warna putih
Warna putih merupakan warna netral yang melambangkan kemurnian sekaligus kesempurnaan sehingga banyak digunakan untuk gaun pengantin. Di sisi psikologi putih merupakan awal yang baru, layaknya buku kosong atau papan yang baru dihapus. Warna putih juga melambangkan kebersihan dan perlindungan, rasa damai sekaligus harapan sehingga warna ini banyak di gunakan di rumah sakit tentunya dengan berbagai makna yang diharapkan hadir. Warna putih memiliki banyak sekali makna positif, namun orang kerap merasakan datar, dingin serta kosong bila terlalu banyak warna ini. Pada adat ketimuran warna ini juga perlambang kematian termasuk juga perluaan kehidupan.
Warna hitam
 
Warna hitam memang ditakdirkan berlawanan dengan warna putih, sehingga memiliki banyak makna negatif. Warna hitam menggambarkan kesunyian, rahasia dan misteri. Hitam merupakan warna yang dihasilkan dari penggabungan semua warna. Beberapa makna positif dari warna hitam adalah disiplin, kemandirian, kemauan yang kuat dan memberikan kesan otoritas/kekuasaan. Dalam dunia fashion, hitam merupakan warna elegan dan sangat populer baik untuk pakaian pria dan wanita. Terlalu banyak warna hitam akan membuat kita depresi dan mood memburuk. Satu hal yang sama dari warna hitam dan putih adalah bahwa keduanya sama-sama memiliki kesan formal, sehingga sangat cocok digunakan dalam bisnis.
Kuning merupakan warna optimis
Kuning merupakan warna dari sinar matahari, sehingga orang akan secara alami mengenali bahwa ini adalah warna yang hangat. Selain itu kuning juga merupakan warna emas atau lambang kekayaan. Pertimbangan lainnya adalah kuning merupakan warna terang yang akan tetap mencolok disekitar warna-warna lainnya. Beberapa perusahaan yang menggunakan logo ini antara lain adalah nikon, national geographic, IMDB, IKEA, DHL dan masih banyak lagi.

askthephotographer.com

0 comments:

Post a Comment

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates